Juli 2008


Buat anda penggemar anime Jepang, khususnya produksi Ghibli Studio bergembiralah karena bulan Juli ini tepatnya tanggal 19 akan dirilis produksi terbarunya. Filmnya sendiri berjudul 崖の上のポニョ Gake no ue no Ponyo (Ponyo on the Cliff by the sea). Denger judulnya aja lucu:) , kayaknya seru ni film.

Ghibli, sebuah rumah produksi anime di jepang yang sudah banyak menghasilkan anime kelas dunia yang digemari oleh semua umur di seluruh dunia. Siapa yang tidak kenal Tonari no Totoro? Semua orang, apalagi penggemar anime pasti tahu. Tonari no totoro adalah salah satu anime tersukses dari anime2 yg diproduksi oleh Ghibli.

Hayao Miyazaki, sang director yang sekaligus penulis cerita, juga yang langsung memberikan sentuhan-sentuhan pada coretan-coretan tangan anime ini. Akankah anime ini sukses, sebagaimana anime2 pendahulunya seperti totoro? Kita liat saja nanti… 🙂

Saya yang penggemar berat dan kolektor anime2 ghibli production jadi penasaran euy….pengen liat.

Iklan

Tiba-tiba aja pagi ini pengen sarapan onigiri. Mau beli ke kombini males. Baru inget di lemari ada sisa nori, akhirnya bikin deh dan jadi sarapan pagi ini ama onigiri. Cuma onigiri-nya ala indonesia, soalnya dalemnya bukan ikan atau umeboshi, tapi saya masukin abon…he..he..tapi enak juga kok.

Onigiri, makanan khas jepang yang semua orang jepang suka memakannya dan mudah dibuat. Orang bule bilang rice ball. Kalau dinget-inget sewaktu kecil, sering juga sebetulnya dibikinin “onigiri”, kalo emak pas lagi ngipas-ngipas nasi yang baru ditanak, cuman dikepal-kepal terus kasih garem doang 😉 .

Ya sebetulnya onigiri tidak ubahnya nasi kepal spt yang sering saya makan sewaktu kecil, Cuman mungkin yang membedakan, kalo onigiri jepang biasanya suka pake nori (rumput laut) sebagai bungkusnya, atau dalamnya diisi macam-macam sesuai selera, bisa ikan, sayur, tsuke mono, umeboshi dll.

Disampin praktis, onigiri juga mengenyangkan dan gamapang dibuat. Nama lain onigiri yaitu omusubi. Ada juga yang bilang : nihon de umareta fastfood (日本で生まれたファストフード), fastfood yang lahir di negeri jepang 🙂

Ni kalo pengen liat humor gokil-nya orang jepang..he..he.

 

 

Ini yang paling saya suka, tiap tahun kalau datang musimnya, saya nggak pernah terlewatkan. Apa itu ichigo gari? Ichigo gari bisa diartikan bebas, memetik/mencari buah strawberry. Yang uniknya adalah kita bisa memetik dan memakannya langsung di kebunnya sekenyangnya. Ya, sebanyak yang bisa kita makan dengan sekali bayar pas masuk saja, dengan catatan nggak boleh bungkus terus dibawa pulang :). (lebih…)

Reformasi Pendidikan: Belajar dari Jepang

Meta Sekar Puji Astuti
Ketua Unit Kajian Kebudayaan Jepang Unhas

Titik balik sejarah reformasi pendidikan di Jepang dapat ditilik sejak 140 tahun lalu di era yang dikenal Restorasi Meiji (1868-1912). Reformasi pendidikan merupakan salah satu agenda utama modernisasi negara Jepang.

Sebagai awal modernisasi, Jepang membentuk beberapa misi khusus yang dikirim ke luar negeri. Misi-misi ini mengunjungi beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, dan juga Asia. Para pemimpin Jepang ini yang kebanyakan dari golongan samurai, pergi mempelajari peradaban Barat termasuk sistem pendidikannya. (lebih…)

dari detikinet

やっぱり日本語だね!^-^

Tokyo – Begitu banyak orang yang saat ini mempunyai blog. Tapi tahukah Anda bahasa apa yang paling banyak dipakai dalam blog internet?

Ternyata jawabannya bukan bahasa Inggris meski bahasa ini menyandang status bahasa internasional. Bukan pula bahasa China walaupun begitu banyak manusia yang memakainya.

Tidak lain dan tak bukan, bahasa Jepang adalah yang paling banyak dipakai dalam blog internet. Bahasa negeri Sakura ini memiliki persentase pemakaian sebesar 37 persen dalam seluruh blog yang ada di dunia (lebih…)

Doraemon (ドラえもん) adalah sebuah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1970 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 4 SD yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita. (lebih…)

Laman Berikutnya »