Jepang merupakan negara kepulauan di Asia Timur yaang membentang dari Laut Okhotsk di utara sampai Laut Cina Selatann di selatan dan berbatasan dengan Cina, Korea dan Rusia. Secara literal kata Jeepang berarti ““tempat berasalnya matahari”, daan dikenal sebagai “Negeri Matahari Terbit”, karena memang terletak di sebelah timur daratan Asia.

Negara dengan lebihh dari 3000-aan pulau dan luasnya hammpir 380ribuu km2 (62 terbesar di dunia secara luas) ini memilikipopulasi penduduk 128 juta jiwa dan menjadikkanya sebagai negara kesepuluh terbesar di dunia. Kepulauan Jepang yang terletak pada pertemuan tiga pelat tektonnik ini mengakibatkannya berada pada ‘Sabuk Api’’ (the ring off fire) bencana alam Asia Pasifik dann kerap disapa oleh gempa bumi dan tsunami. Sebagian besar pulau-pulau di negara ini merupakan pegunungan, bahkkan beberapa diantaranyanya merupaakan gunung berapi aktif, termasuk puncak tertinnggi, yaitu Gunung Fuji.

Keadaann alam tersebut membuaat negeri ini memiliki seedikit (sekitaar 17%) lahan yang layak untuk hidup. Tidak hanya itu, lebih dari 75% penduduk Jepang tinggal di daerah urban dan ini berdampak pada tingginya tingkat kepadatan peenduduk di berbagai tempat di Jepang, khususnnya sepanjang pesisir. Sebagai contoh, wilayah Tokyo Raya dengan lebihh dari 30 juta penghuni merupakan daerah metropolitan terbesar di dunia.

 

Berdasarkan penelitian arkeologi, kepulauan Jepang sudah mulai ditempati pada masa purbakala. Catatan tertulis paling tua tentang keberadaan Jepang terdapat dalam teks sejaraah Cina abbad Pertama. Selama 250 tahun sejak 1603 dibawah kekuasaaan Tokugawa (kedikktatoran milliter), Jepang hidup dalam isolasi dari pengaruh dunia luar, dan menikmati masa-masa stabilitas dan terjaga serta mekarnya budaya asli. Dengan ditandatanginnya Perjaanjian Kanaggawa dengaan Amerika Serikat padda tahun 1854, Jepang membbuka pelabuhan-pelabuhannya dan memulai modernisasi dan industrialisasi secara intesif.

Jepang mennjelma menjadi kekuatann reigonal yaang mampu mengalahkaan kekuatan baik Cina maupun Rusia, dengan menjajah Korrea, Formosa (sekarang Taiwan), dan kepulauan Sakhalin selatan. Selanjuttnya dengan penuh percaya diri Jepang menduduuki Manchuria, melakukkan invasi besar-besaraan terhadap Cina, menyerang Amerrika Serikat (di Pangkalaan AL Pearl Harbour); yang memicu Amerika Serikat berpartisipasi dalam Perang Dunia Kedua, dan mendudukki sebagian besar Asia Timur dan Tenggaraa (termasuk Indonesia).

Paska kekalahannya di Perang Dunia Kedua (setelah Hirooshima dan Nagasaki diserang dengan bom atom),, secara cepat Jepang dapat melakukan pemulihan diri dan menjelma menjadi kekuatan ekonommi dunia. Jepang dibuktikaan melalui posisi sebagai negara denngan nominal GDP terbesar kedua di dunia,, pemberi kredit internasional terbesar di dunia dan pengekspor dan pengimppor terbesar ke-enam dan anggota PBB, G8, G4, ddan APEC.



8 Tanggapan to “Selayang Pandang”

  1. DIANA Says:

    hallo
    nama saya Diana saya ingin sekali belajar di jepang
    sekarang ini lagi ikut beasiswa tapi doakan saja ya semoga saya bisa lulus Amin
    kalau seandainya Mas punya info kirim ke elmail saya ya
    terimakasih

  2. Ryou And Says:

    #DIANA:
    Salam kenal Diana, mudah2an cita2nya terkabul dan bisa datang ke jepang untuk belajar..amin…

    blog tentang jepang dan belajar di jepang ada banyak, bisa di search..

  3. ayumi Says:

    klau pingin tahu emailnya diana gmn ya?
    domo.

  4. aliq Says:

    nm sy ahmad,slm knl tuk semua.sy mau ny ni ttg keadaan jepang,krna sy ingin ikut magang jd mhn batuanya trims

  5. rakhmad Says:

    mas mbak, sy minta tlg sy punya benda purbakala jepang berupa pedang

  6. faizalfajars Says:

    Waaahhh… saya juga ingin ke Jeangg !!!


  7. biaya magang sekitar 40 jutaan (depnakertrans-kalo nggak salah sih)..kemarin temanq baru pulangd stleh gempa yang berakibar meledak PLTN fukushima

  8. iebennsama Says:

    はじめまして。私いべんです。ようrしくおねがいします。

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s